Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

VIVA   –  Piala Menpora 2021 sudah menyelesaikan episode terakhirnya. Persija Jakarta keluar jadi juara usai mengalahkan Persib Bandung di partai final  leg kedua 2-1 di Stadion Mahanan Solo, Minggu 25 April 2021.

Turnamen ini merupakan tes protokol kesehatan yang dicanangkan PSSI. Piala Menpora juga menjadi ajang pemanasan untuk pemain dan perhimpunan untuk memulai musim anyar.

Pemberian tanda Menpora dalam ajang itu tidak sembarangan. PSSI punya alasan tersendiri yakni Menpora selaku kementerian yang bertanggung jawab atas olahraga Negeri Air selalu memberikan sokongan penuh kepada PSSI.

Pemimpin Umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam pertemuan dengan eksekutif PT Liga Indonesia Pertama, Akhmad Hadian Lukita, dan Menpora Zainudin Amali pada Jakarta, 18 Februari 2021 mengatakan, Menpora tahu sahih kesulitan mereka sehingga sedia menjembatani PSSI dengan Polri untuk memberikan izin pelaksanaan.

“Kenapa kami sebut Piala Menpora 2021? Karena Kemenpora bisa melakukan pengawasan terhadap hal-hal teknis terutama penerapan aturan kesehatan, ” kata Iriawan.

Selain itu, penamaan itu juga sebagai bentuk apresiasi dari PSSI. “Pak Menpora sampai memberikan garansi individual agar izin dapat keluar. Terima kasih, pak Menpora, ” ujar Iriawan.

Piala Menpora diikuti 17 klub Liga satu dan bergulir dari 22 Maret hingga 25 April. Hanya Persipura Jayapura yang tak ikut serta karena berbagai alasan.

Meski digelar tanpa penonton, Ide menggelar turnamen sempat mendapatkan pertentangan dari sejumlah pihak. Salah satunya pegari dari Indonesia Police Watch (IPW). Ketua Presidium IPW, Neta S Pane mempersoalkan keputusan Kapolri memberikan kerelaan.

Dia memperhitungkan kebijakan Kapolri memberikan izin Piala Menpora bukan sekadar bertentangan dengan instruksi Mendagri, tapi juga telah menentang aturan yang ada yaitu Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Norma Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.  

Tak sampai di situ, Neta pula melayangkan kritik pedas terhadap ajang penasan tersebut. Tempat menilai Piala Menpora merupakan turnamen ecek-ecek.

Lebih keras, dia menodong Kapolri dan Menpora kudu bertanggung jawab dan mundur dari jabatan masing-masing, jika Piala Menpora 2021 menjelma klaster baru penyebaran COVID-19.

Tetapi, pada kenyataanya, Piala Menpora sudah sangat kokoh, tak terhempas diadang kritik yang datang. Momen bersejarah itu akhirnya tiba, Piala Menpora dibuka langsung oleh Zainudin Amali.

Duel pembuka mempertemukan antara Arema FC dan Tira Persikabo di Grup A. Saat itu kondisi sekitar stadion sepi dari hiruk pikuk suporter. Polisi dan badan pun berjaga ketat dalam setiap sudut stadion.

Para pelatih, pemeran cadangan, asisten wasit, apalagi hingga ball boy menggunakan masker. Bola yang akan digunakan pun disemprot disinfektan.

“Ini bakal jadi ujian, tapi kita yakin kita mampu menunaikan sepakbola dengan protokol kesehatan yang disiplin. Saya yakin suporter sepak bola di Indonesia cerdas dan aku ingin suporter hanya dukung dari rumah saja, ” kata Amali dalam sambutannya.

Sementara Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan Piala Menpora merupakan momen yang sakral, sebab denyut nadi sepakbola Indonesia berdetak lagi setelah utama tahun mati suri.

“Hari ini adalah spesial bagi sepakbola Indonesia yang kurang lebih satu tahun telah berhenti. Kami ada komitmen khusus kita semua harus melakukan kegiatan dengan protokol kesehatan, ” kata pria yang dekat disapa Iwan Bule tersebut.

Hari berganti, pertandingan terus berjalan. Piala Menpora 2021 mendapatkan sanjungan dari tokoh-tokoh penting kampung ini. Sebabnya, PSSI & LIB tak cuma omong kosong, mereka menjalankan apa yang menjadi komitmen & janji mereka yakni aturan kesehatan yang ketat.

Photo:

  • Biro Pers Tata usaha Presiden/Laily Rachev

Menpora Zainudin Amali bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di dalam Rabu 15 April 2021. Amali mengatakan, diam-diam orang mengedepankan negeri ini menyaksikan perhelatan Piala Menpora.

Dan, Jokowi kendati merasa puas dengan prokes yang ketat di pada setiap pertandingan. Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi komitmen pengikut yang tidak nekat tampil ke stadion.

“Beliau mengapresiasi bagaimana penggemar, pecinta klub, dan pengikut sangat patuh terhadap himbauan tidak datang berkerumun ke stadion, tidak nonton menyerempakkan dan lain sebagainya, ” kata Amali dalam terbit Kemenpora.

Sejenis juga dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit. melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada langgar kedua Grup A Beker Menpora 2021.  

Kapolri hadir sebelum pertandingaan antara Tira Persikabo vs PSIS Semarang dalam Stadion Manahan, Solo, Kamis 25 Maret 2021.

Listyo mengaku lega melihat berlangsungnya Piala Menpora 2021 yang menjalankan aturan kesehatan ketat. Sebagaimana yang dipaparkan PSSI dan LIB ketika mengajukan permohonan izin.

Justin Gray